Minggu, 28 April 2013

MENGUJI KECEPATAN BACA DAN TULIS MEDIA PENYIMPANAN (Flash Disk)



Ketika anda ingin membeli sebuah media penyimpanan data,baik itumflash disk, memory card atau hardisk biasanya tercantum ukuran kapasitas medianya. lalu juga kecepatan/rate transfer data , kecepatan menulis dan membaca dari perangkat media penyimpanan itu sendiri.
       nah,terkadang kita bertanya-tanya dengan cara apa mereka dapat mengukur hal-hal tersebut diatas atau apakah ukuran ukuran diatas sudah benar atau tidak. kita sebagai konsumen tentunya ingin membuktikan apakah penjelasan-penjelasan itu benar adanya atau paling tidak mendekati data yang dimaksud.
              Untuk melakukan proses pengecekan sederhana dimedia penyimpanan tersebut, kita bisa memakai aplikasi portable yang gratis dengan kapasitas yang kecil. aplikasi itu adalah H2TESTW. karena aplikasi ini portable tak perlu menginstalnya cukup klik 2 kali saja langsung bisa dijalankan. aplikasi ini hanya bisa berjalan di windows XP dan vista,belum mendukung untuk windows 7 dan 8. aplikasi bisa di unduh di http://www.softpedia.com/progDownload/H2testw-download-1493-66.html.
              Apabila sudah di download segera klik dua kali aplikasim tersebut, kemudian tancapkan flash disk (yang masih kosong) ke pc atau laptop untuk pc lebihm baik tancapkan pada bagian belakang, karena bagian belakang akan lebih mudah terdeteksi oleh pc, sebab jark hubung antara mainboard dan flash disk akan lebih pendek.
             Jangan menggunakan kabel perpanjangan. setelah program dijalankan pilih saja bahasa inggris biar agar mudah dipahami,namun bila fasih bahasa jerman biarkan tampilan defaultnya seperti itu. setelah itu kita akan diminta menentukan dimana lokasi flash disk kita terpasang. klik sekali pada 'flash disk' lalu klik tombol 'OK'
              Pada bagian data volume, pilih saja 'all available space', yang artinya pilihan untuk memilih seluruh ruang yang tersedia/tersisa. tetapi jika hanya sebagaian kapasitas tertentu, klik saja yang 'Only'. setelah itu tinggal mengeklik 'Write + Verify', supaya prosesnya cepat kita tidak perlu mencentang 'endless verify'. tunggulah beberapa saat hingga analisanya selesai.
            Jika prosesnya telah selesai  akan diberi tampilan hasil analisanya, yang disebelah kiri (bagian pertama) adalah data kecepatan tulis, sedangkan yang disebelah kanan (bagian dua) adalah data kecepatan membaca dari perangkat. salah satu kelebihan aplikasi ini adalah mamapu mendeteksi  perangkat yang telah lama dan usang untuk diperbaikinya jika terdapat kerusakan. tentunya akan meminta konfirmasi untuk melakukan proses format terlebih dahulu. aplikasi ini juga memeriksa flas disk yang sudah ada datanya, sehingga tidak perlu repot untuk memindahkan/mengamankan data dahulu.

 Kedaulatan Rakyat, senin legi 22 April 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar