Rabu, 08 Mei 2013

Manfaat Nyata Probiotik


Nah kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai penggunaan probiotik. Probiotik yang saya gunakan ini adalah buatan sendiri dari resepnya mas Betha Sutrisno pemilik ternak ayam Kresing Super. Ow ya hampir lupa saya beritahukan kalau ternak yang saya miliki adalah ternak kalkun, nah setelah makanan saya beri campuran probiotik tersebut ternak saya jadi telihat sehat-sehat, makan pun lahap, bahkan saya tidak melihat ada cacing dari kotoran yang keluar, beda dengan dulu sebelum saya beri probiotik saya amati kotorannya sering ada cacing nya di kotorannya, hal lain yang saya alami adalah bahwa kotoran dari ternak saya tidak berbau seperti kotoran pada umumnya, bisa dibilang tingkat pencemaran baunya rendahlah...Saya akui kalau probiotik ini memang top makanya mas betha memberi nama probiotik top. ya top khasiatnya,ya top murah dan terjangkaunya,ya top mudah pembuatannya.heee
Nah cara pembuatan alat dan bahannya adalah sebagai berikut 


PEMBUATAN REAKTOR DIGESTER

           


                                         BAHAN-BAHAN

1. Satu Buah Jligen Bekas Minyak
2. Selang plastik bening seukuran jari kelingking 70 cm
3. Botol bekas aqua 1,5 liter
4. Dop bekas ban Dalem motor
5. Tali rafia
6. Kayu reng

    Buatlah lubang untuk meletakkan Dop ban, setelah di buat lubang masukkan dop tersebut kedalam lubang buatan kemudian kencangkan menggunakan baut bawaan dari dop tadi, buatlah serapat mungkin kalau perlu di kasih lem biar tidak ada angin yang bisa masuk. Karena prinsip dari pembuatan ini adalah agar jangan sampai ada udara dari luar masuk kedalam digester selama pemeraman(udara hanya boleh masuk ketika dalam proses pengadukan) , kalau sudah dop terpasang tinggal pasangkan selang plastik tersebut kedalam dop kemudian selang plastik dimasukkan dalam botol bekas aqua yang sudah diisi air. Hasilnya seperti di bawah ini..




                                               BAHAN BAHAN HERBAL

a. Kunyit atau kunir  8 ons
b. Temulawak 3 ons
c. Jahe 2 ons
d. Daun sirih 3 ons
e. Brotowali 3 ons
f. Asem jawa 2 ons
g. Gula jawa 3 ons
h. Stater EM4 peternakan 200 ml
i. Air segar 15 liter

                                                LANGKAH PEMBUATAN

  1. Kunyit, temulawak, di cuci bersih tiriskan lalu di parut/ blender/ di gilingkan ke pasar. Tampung pada wadah besar lantas di peras di ambil sarinya, sampai air perasan menjadi bening. Hasil sari perasan di masukkan pada drum digester.
  2. Jahe, brotowali, daun sirih dirajang/dicincang lembut lalu direbus, pengulangan perebusan hingga air rebusan tidak berwarna coklat lagi. Setelah dingin air rebusan di masukkan drum digester.
  3. Asem jawa di buang isinya lalu di peras dioleni, hasil ulenan pertama berbentuk seperti bubur. Terus diuleni sampai tidak berbentuk bubur lagi.
  4. Gula jawa di sisir halus kemudian di masak hingga mencair semua, dinginkan, masukkan ke dalam drum reaktor digester probiotik.
  5. Stater EM4 peternakan di masukan dalam drum, lalu di tutup sangat rapat. Lamanya waktu proses dalam reaktor digester 14 – 20 hari, baru hasil herbal probiotik dapat di gunakan. Pengadukan reaktor digester lewat tutup jligen, setiap 3 hari sekali. Sedang gas yang dihasilkan keluar melalui selang plastik bening yang di masukkan dalam botol aqua 1,5 liter yang telah di isi air, sehingga gas dari dalam bisa keluar, tapi udara luar tidak bisa masuk ke dalam.

.
Dosis pemberiannya

Ayam dan itik/ bebek : 5 - 10 ml tiap 1 liter air,
Kambing : Untuk kambing lebih mujarab sistem “ cekok “ saja seminggu sekali 100 ml untuk seekor kambing, untuk yang masih kecil dosis setengahnya
Sapi dan kerbau dan kuda : 500 ml seminggu sekali, model cekok juga. Sebenarnya dengan di campurkan ke komboran juga bisa, tinggal di sesuaikan saja.

Nah di atas itu merupakan dosis di atas itu menurut petunjuk Mas Betha Sutrisno selaku penggagas Probiotik TOP ini, tapi saya sering melebihi dosis tersebut karena menurut mas betha gak papa soalnya kan ini herbal jadi aman lagi pula kan murah jadi dosisinya berani lebih.heee
ow ya untuk selama ini saya baru terapkan di unggas karena saya ternaknya unggas, foto di bawah ini reaktor sederhana buatan saya.. sederhana tapi alhamdulillah berhasil..
bagi yang mau coba silahkan mencoba dan jangan pernah takut gagal za.. salam sukses...


1 komentar: