Senin, 06 Mei 2013

Bapak Kereta Api?


foto dari http:www.s9.com

Siapa yang gak tau kereta api yaitu salah satu alat transportasi darat,tahukah kalian siapa penemunya?
Dia adalah George Stephenson lahir di Wylam, New Castle, Inggris tahun 1781. lahir dari keluarga yang miskin, bahkan pada saat umur 8 tahun dia sudah ikut membantu ayahnya bekerja di tambang batu bara.
Di saat perang Inggris dan Perancis pada tahun 1798, dia ingin tahu berita-berita tentang peperangan itu, tp masalahnya dia tidak dapat membaca dan menulis. Akhirnya dia belajar di sebuah sekolah malam yang setingkat dengan SD  di dekat tambang ia bekerja. waktu itu umurnya sudah 19 tahun.
Stephenson adalah penemu lokomotif, dan merupakan bapak kereta api. Namun dia tidak pernah mengenyam pendidikan, dia belajar sendiri untuk itu.Dia merupakan orang pertama kali di dunia yang membuat kereta api dan memasang rel kereta api. Kereta pertama yang dibuat adalah kereta batu bara dari Stockton ke Darlington pada tahun 1821. Lalu kereta api yang pertama untuk mengangkut penumpang dari kota Liverpool ke Manchester pun dibuat. Setelah itu baru kereta mulai dikenal di seluruh dunia sebagai alat transportasi.
Selain kereta Stephenson juga menciptakan lampu tambang, lampu nelayan, dan jam weker.
Stephenson meninggal di Chesterfield, 12 Agustus 1848 di usianya yang ke 67. Dia menjadi jutawan yang dermawan, dia sempat mendirikan sekolah, perpustakaan, kelab musik, ruang rekreasi untuk para buruh tambang dan anak-anaknya.



Ensiklopedi tokoh besar dunia,ilmuwan 2, cv. pamularsih,kembangan, 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar