a. Pengertian
Penilaian secara tertulis dilakukan dengan tes tertulis. Penilaian
jenis ini cenderung digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik berkaitan
dengan konsep, prosedur, dan aturan-aturan. Tes Tertulis merupakan tes dimana
soal dan jawaban yang diberikan kepada peserta didik dalam bentuk tulisan.
Dalam menjawab soal peserta didik tidak selalu merespon dalam bentuk menulis
jawaban tetapi dapat juga dalam bentuk yang lain seperti memberi tanda,
mewarnai, menggambar dan lain sebagainya.
b. Teknik Penilaian
Ada dua bentuk soal
tes tertulis, yaitu:
a). Soal dengan
memilih jawaban
· pilihan ganda
· dua pilihan (benar-salah, ya-tidak)
· menjodohkan
b). Soal dengan
mensuplai-jawaban.
· isian singkat atau melengkapi
· uraian terbatas
· uraian obyektif / non obyektif
· uraian terstruktur / nonterstruktur .
Dari berbagai alat penilaian tertulis, tes memilih
jawaban benar-salah, isian singkat, dan
menjodohkan merupakan alat yang hanya menilai kemampuan berpikir rendah, yaitu kemampuan mengingat (pengetahuan).
Tes pilihan ganda dapat digunakan untuk menilai kemampuan mengingat dan
memahami. Pilihan ganda mempunyai kelemahan, yaitu peserta didik tidak
mengembangkan sendiri jawabannya tetapi cenderung hanya memilih jawaban yang
benar dan jika peserta didik tidak mengetahui jawaban yang benar, maka peserta
didik akan cenderung menerka jawaban. Hal ini menimbulkan kecenderungan peserta
didik tidak belajar untuk memahami pelajaran tetapi menghafalkan soal dan
jawabannya. Selain itu pilihan ganda kurang mampu memberikan informasi yang
cukup untuk dijadikan umpan balik guna mendiagnosis atau memodifikasi
pengalaman belajar. Karena itu kurang dianjurkan pemakaiannya dalam penilaian
kelas.
Tes tertulis bentuk uraian adalah alat penilaian yang
menuntut peserta didik untuk mengingat, memahami, dan mengorganisasikan
gagasannya atau hal-hal yang sudah dipelajari. Peserta didik mengemukakan atau
mengekspresikan gagasan tersebut dalam bentuk uraian tertulis dengan
menggunakan kata-katanya sendiri. Alat ini dapat menilai berbagai jenis kompetensi,
misalnya mengemukakan pendapat, berpikir logis, dan menyimpulkan. Kelemahan alat ini antara
lain cakupan materi yang ditanyakan terbatas.
Dalam menyusun instrumen penilaian tertulis perlu
dipertimbangkan hal-hal berikut.
1)
Materi, misalnya kesesuian soal dengan kompetensi dasar
dan indikator pencapaian pada kurikulum tingkat satuan pendidikan;
2)
Konstruksi, misalnya rumusan soal atau pertanyaan harus
jelas dan tegas.
3) Bahasa, misalnya rumusan soal tidak menggunakan kata/
kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda.
4) Kaidah penulisan , harus berpedoman pada kaidah penulisan
soal yang baku dari berbagai bentuk soal penilaian .
I. Bentuk Piliahan Ganda
Berilah tanda silang pada huruf di depan jawaban
yang paling tepat ! Skor : Setiap jawaban benar diberi nilai 1 .
1. Yang termasuk alat ukur
tidak baku yaitu ….
a. meter b.centimeter c.jengkal
2. Yang termasuk alat ukur
baku ialah ….
a. cm b.
depa c.langkah
kaki
3. dst....
II. Bentuk Isian
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang
singkat dan tepat ! Skor :Setiap jawaban benar diberi nilai 2.
1. Satuan panjang
Centimeter dan Meter adalah contoh alat ukur .......
2. Satuan panjang langkah
kaki , depa dan jengkal termasuk alat ukur ….
3. Karena menggunakan alat ukur tidak baku , maka hasil
pengukurannya ….
4. dst.....
Contoh
Penilaian Tertulis
I. Isilah titik – titik pada soal di bawah ini
dengan jawaban singkat dan tepat !
1. Pengaruh positif
globalisasi di bidang komunikasi di lingkugan masyarakat misalnya ….
2. Kecenderungan
masyarakat menyukai jenis musik jaz termasuk pengaruh negatif globalisasi
bidang ….
3. Terhadap kebudayaan
asing yang masuk ke Indonesia sikap kita seharusnya ….
4. dst.....
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1. Jelaskan yang dimaksud dengan istilah globalisasi !
2. Berikan tanggapan dan
alasan terhadap pernyataan di bawah ini
?
a. Dengan globalisasi
kitta semakin mudah menikmati siaran televisi luar negeri .
b. Karena pengaruh globalisasi
masyarakat cenderung bersikap konsumtif
II. Silangilah
huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat.
1. Daur hidup nyamuk memerlukan …
tahap.
a. satu c. tiga
b. dua d. empat
2. Daur hidup kupu-kupu memerlukan
… tahap.
a. satu c. tiga
b. dua d. empat
3. Setelah telur kupu-kupu menetas kemudian
berubah menjadi …
a. kupu-kupu b. kepompong
c. ulat d. jentik-jentik
4. Perubahan bentuk pada hewan menunjukkan adanya
…
a. pertumbuhan b. perkembangbiakan
c. aktivitas
hewan d. persamaan hewan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar